Menentukan Ukuran Biola

Ukuran instrumen adalah salah satu faktor penting pada sebagian besar permainan alat musik. Ukuran yang tepat, tentunya akan memberikan rasa nyaman kepada pemainnya. Pada artikel ini, saya akan menjelaskan dua cara untuk menentukan atau memilih ukuran biola yang tepat.

Cara Pertama:

Cara ini memerlukan sebuah alat ukur, yakni untuk mengukur panjang lengan kiri pemain. Alat ukur yang digunakan dapat berupa pita ukur yang biasa digunakan oleh para penjahit pakaian, atau ‘meteran’ yang biasa digunakan oleh para pekerja bangunan, atau lainnya.

Letakkan ujung awal pita ukur pada tepi leher, yakni tepat di dekat rahang bawah bagian belakang, seperti terlihat pada gambar berikut ini:

Kemudian bentangkan pita ukur tersebut hingga mencapai bagian tengah telapak tangan, seperti terlihat pada gambar berikut:

Selanjutnya perhatikan ukuran yang tampil pada pita ukur tersebut tepat di tengah telapak tangan kiri, seperti terlihat pada gambar berikut:

Cocokkan ukuran yang diperoleh dengan ukuran biola yang tepat, sesuai dengan daftar yang ada pada tabel berikut ini:

Hasil Pengukuran Ukuran Biola Yang Tepat
± 23.25 inci, atau ± 591 mm 4/4
± 21.6875 inci, atau ± 551 mm 3/4
± 20.4375 inci, atau ± 519 mm 1/2
± 18.125 inci, atau ± 460 mm 1/4
± 16.5625 inci, atau ± 421 mm 1/8
± 15 inci, atau ± 381 mm 1/16


Ukuran 1/64 dan 1/32 memang ada, tetapi sangat kecil (terlihat seperti mainan) dan sangat jarang ada di pasaran. Begitu pula dengan ukuran-ukuran biola khusus untuk pemain wanita, seperti 1/10, 7/8, dan 15/16, yang lebih sulit lagi ditemukan dipasaran.

Cara Kedua:

Cara ini dilakukan dengan memegang biola seperti pada posisi bermain. Apabila telapak tangan kiri mampu menggenggam scroll dengan baik, tetapi posisi siku menjadi agak lurus, seperti terlihat pada gambar berikut ini:

Atau gambar berikut ini:

Berarti ukuran biola terlalu besar, atau tidak sesuai dengan pemain.

Selanjutnya, apabila telapak tangan kiri mampu menggenggam scroll dengan baik, namun posisi siku menjadi sangat bengkok seperti terlihat pada gambar berikut ini:

Berarti ukuran biola terlalu kecil.

Sedangkan apabila telapak tangan kiri mampu menggenggam scroll dengan baik, dan posisi siku bengkok seperti terlihat pada gambar berikut ini:

Berarti ukuran biola sudah sesuai dengan pemain.

Namun, apabila ada biola lain yang ukurannya hampir mirip (sedikit lebih kecil) dengan biola tersebut, dan posisinya seperti terlihat pada gambar berikut ini:

Maka biola ini lah yang lebih sesuai dengan pemain. Di sini, biola yang lebih kecil biasanya terasa lebih nyaman. Namun, ada baiknya disesuaikan dengan tingkat kenyamanan yang dirasakan oleh pemain.

Baik cara pertama ataupun cara kedua, tujuan utamanya adalah sama-sama untuk memperoleh kenyamanan dalam bermain biola. Oleh karena itu, cara mana yang lebih baik, adalah relatif.

Tips: mengingat pertumbuhan anak yang relatif cepat, maka untuk menghemat biaya, sebaiknya pemain biola yang masih dalam masa pertumbuhan (anak-anak), menggunakan biola sewaan, hingga ia mencapai umur dewasa, barulah menggunakan biola 4/4 milik sendiri.

Referensi:

[1] Fein, Andy, and Angela Newgren, What Size Violin Does My Child Need?,
  http://blog.feinviolins.com/2011/04/what-size-violin-does-my-child-need.html, Desember 2011.
[2] Luscombe, Leif, Tips on Buying a Violin,
  http://www.violins.on.ca/buying.html, Desember 2011.
[3] ---, How to Select A Fiddle,
  http://www.learnbluegrass.com/choosefiddle.html, Desember 2011.
[4] ---, What Size Violin For My Child,
  http://www.violincompany.co.uk/measureviolin.htm, Desember 2011.

 

Daftar Isi

CIOA Official Website


Kontak Kami

SMC Kantor Pusat


Kelapa Gading Square, Rukan French Walk, Blok K, No. 18-21, Mall of Indonesia, Jakarta Utara, 14240


Telp. (021) 4586 7189,
Fax. (021) 4586 7190